Apa sih fisika bumi?

Bumi

Pertanyaan awal adalah apa itu bumi?

ini penjelasan singkatnya..

Bumi adalah planet ketiga dari delapan planet dalam Tata Surya. Diperkirakan usianya mencapai 4,6 miliartahun. Jarak antara Bumi dengan matahari adalah 149.6 juta kilometer atau AU (InggrisAstronomical Unit). Kala rotasi Bumi adalah 23 jam 56 menit 4 detik. Sedangkan kala revolusinya adalah 365,25 hari. Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut (magnetosfer) yang melindung permukaan Bumi dari angin surya, sinar ultraviolet dan radiasi dari luar angkasa. Lapisan udara ini menyelimuti Bumi hingga ketinggian sekitar 700 kilometer. Lapisan udara ini dibagi menjadi Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer dan EksosferBumi memiliki diameter sepanjang 12.756 kilometer. Gravitasi Bumi diukur sebagai 10 N kg-1 dijadikan unit ukuran gravitasi planet lain, dengan gravitasi Bumi dipatok sebagai 1. Bumi mempunyai 1 satelit alami yaitu Bulan. 70,8% permukaan Bumi diliputi airUdaraBumi terdiri dari 78% nitrogen, 21% oksigen dan 1% uap airkarbondioksida dan gas lain. Bumi diperkirakan tersusun atas inti dalam Bumi yang terdiri dari besinikel beku setebal 1.370 kilometer dengan suhu 4.500 °C, diselimuti pula oleh inti luar yang bersifat cair setebal 2.100 kilometer, lalu diselimuti pula oleh mantel silika setebal 2.800 kilometer membentuk 83% isi Bumi dan akhirnya sekali diselimuti oleh kerak Bumi setebal kurang lebih 85 kilometer.

( Sumber : Wikipedia )

Fisika Bumi atau yang umum dikenal Geofisika adalah sebuah cabang ilmu yang mempelajari Bumi dengan kajian fisis (fisika). Geo yang berarti bumi dan fisika yang merupakan ilmu dasar dalam mempelajari sifat fisis benda berdasarkan parameter fisika. Dalam ilmu ini  berkembang berbagai metoda penelitian yang memanfaatkan parameter-parameter fisika untuk mempelajari bumi, diantaranya sifat gravitasi, magnetik, radiasi, perambatan gelombang, konduktivitas, resistivitas, dll. Masing – masing metoda memiliki tujuan yang berbeda sesuai dengan target penelitian yang akan dilakukan. Dari pengukuran ini dapat ditafsirkan bagaimana sifat-sifat dan kondisi di bawah permukaan bumi baik itu secara vertikal maupun horisontal.

Geofisika sangat erat hubungannya dengan ilmu geologi. Secara harfiah Geologi (berasal dari Yunani: γη- [ge-, “bumi”] dan λογος [logos, “kata”, “alasan”]) adalah Ilmu (sains) yang mempelajari bumi, komposisinya, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya (Wikipedia),  jadi Geologi adalah salah satu ilmu dasar kebumian. Dari sisi keilmuan fisika merupakan ilmu dasar yang setara dengan matematika, kimia, statistika, dll. Sedangkan geologi merupakan ilmu dasar kebumian yang setara dengan meteorologi, hidrologi, biologi, dan pedologi. Jika kita bedah lebih lanjut kajian dalam geologi memiliki banyak cabang diantaranya paleontologi, mineralogi, Geologi Struktur, Geomorfologi, Stratigrafi, Petrologi, Tektonika, Volkanologi, Geologi Sejarah, Speleologi, Limnologi, Sedimentologi, dan lain – lain. Sebagai seorang ahli geofisika harus mengenal dasar – dasar geologi karena tujuan dari aplikasi ilmu geofisika diantaranya untuk studi Lingkungan (Environmental), pencarian kekayaan alam (Geological Resources), Geoteknik, studi permukaan bumi, sejarah geologi (historical Geology), dan lain-lain.

Environmental Geologi yaitu ilmu tentang lingkungan di permukaan bumi yang bermanfaat dalam menjaga keseimbangan ekologi dan lingkungan hidup. Geologi juga berguna dalam pencarian kekayaan alam (Geological Resources) dimana penentuan lokasi, karakterisasi, pendeskripsian sumber daya alam dilakukan dengan teknik pemetaan dan survey geologi lengkap. Geoteknik (engineering Geology) adalah sub keilmuan dalam Geologi yang mempelajari material-material geologi serta keteknikan dalam mengolah lingkungan. Sejarah geologi (historical Geology) menjabarkan tentang peristiwa masa lalu karena dalam geologi dikenal istilah “the past is the key for the present” oleh sebab itu sejarah geologi sangatlah penting. Sejarah geologi yang akan menjabarkan tentang evolusi kehidupan, evolusi bumi, dan kejadian-kejadian kebumian di masa lalu.

My Ping in TotalPing.com

1 thoughts on “Apa sih fisika bumi?

Tinggalkan komentar